Penemu Remote Tv Tutup Usia



Penemu Remote Tv Tutup Usia [ www.BlogApaAja.com ]

Chicago: Penemu alat pengendali jarak jauh televisi meninggal di usia 96 tahun. Kabar itu diinfokan perusahaan tempatnya bekerja. Zenith Electronics mengatakan, Eugene Polley mengembukan napas terakhir, Ahad (20/5), di sebuh rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat.

Polley menemukan Flash-Matic yang berfungsi mengarahkan sinar ke sel-sel foto di setiap sudut televisi untuk mematikan dan mengganti saluran. Alat itu ia temukan pada 1955. Temuan itu kemudian menjadi sebuah alat mewah sebelum televisi diramaikan dengan ratusan saluran kabel.

Flash-Matic adalah sebuah kemewahan di era 50-an. Lantaran Flash-Matic memakai cahaya untuk mengoperasikan televisi, alat itu tak stabil dan kinerjanya terganggu oleh cahaya lain. Temuan itu diikuti dengan alat pengendali sonik, kemudian sinar infra merah, dan frekuensi radio.

Sebelum Polley menemukan Flash Matic, alat pengendali pertama buatan Zenith masih menggunakan kabel yang tersambung ke televisi. "Ia sangat bangga dengan TV layar datar dan pengendali jarak jauh modern. Ia selalu menyimpan hasil temuannya," ujar juru bicara Zenith, John Taylor.

Polley mendapat penghargaan Emmy pada 1997 bersama insinyur Zenith, Robert Adler. Polley lahir di Chicago pada 1915. Ia memulai karier di bidang teknik sejak 1935. Ia juga bekerja di Zenith selama 47 tahun, dan memiliki 18 hak paten atas berbagai temuannya di AS. []

Follow On Twitter