Mengungkap Rahasia Berjalan Diatas Air



Mengungkap Rahasia Berjalan Diatas Air [ www.BlogApaAja.com ]

Banyak orang berhasil mendemonstrasikan, jikaAnda mengisi kolam renang dengan air dan tepung maizena, Anda bisa berlari diatasnya. Jika berhenti, Anda akan tenggelam. Kendati begitu, bagaimana hal ituterjadi masih menjadi misteri dalam dinamika fluida.

Umumnya penjelasan yang diberikan untukfenomena "berjalan di atas air" adalah suspensi, yaitu cairan berisi partikeldi dalamnya, bukanlah fluida Newton yang makin kental, ketika terjadipeningkatan laju deformasi lantaran orang berlari di atasnya. Contoh umumadalah saus, darah, dan pasta gigi. Fluida "normal", seperti air, mengalir danviskositasnya konstan.

Namun Scott Waitukaitis dan Heinrich Jaeger,fisikawan di University of Chicago, menemukan bahwa situasi itu lumayan berbeda.Ketika Anda menginjak suspensi, partikelnya akan termampatkan dan berubahmenjadi fase padat selama beberapa saat.

Waitukaitis dan Jaeger mencatat dalam risetyang akan dipublikasikan dalam jurnal Nature, edisi 12 Juli 2012, bahwamekanisme biasa yang diajukan tidak mampu menjelaskan bagaimana orang bisaberlari di atas campuran air dan maizena. "Mekanisme itu tidak mampu menyokongbobot seseorang," kata Jaeger.

Kedua ilmuwan ini mengisi sebuah wadah dengancampuran air dan maizena (oobleck) serta menjejakkan tongkat di atasnya.Menggunakan kamera fotografi berkecepatan tinggi dan sinar X, mereka melihatbahwa, ketika tongkat itu menyentuh suspensi, bagian di bawah tongkat menjadisolid. Partikel dalam suspensi itu tak bisa bergerak, menciptakan sebuah daerahmirip kolom yang cukup kokoh untuk mencegah tongkat tenggelam ke dalam oobleck.

Daerah yang kini solid dan menebal itu dapatmeluas hingga ke dasar wadah. Jaeger mencatat bahwa zona yang memadat itumemancarkan energi yang cukup besar hingga salah satu wadah pecah. Energi itubahkan dapat memantulkan dan mendorong kembali tongkat jika wadahnya lumayandangkal.

Namun harus dicatat bahwa, berlawanan denganpemodelan sebelumnya, dinding wadah tidak terpengaruh apakah tongkat atau orangberlari tetap berada di atas oobleck. Hal yang sama akan terjadi jika Andamengisi laut dengan campuran itu dan melakukan eksperimen tersebut.

Setelah terkena tekanan tongkat, zona solidakan mulai mencair, karena tak ada lagi energi yang menekannya. Itulahsebabnya, ketika Anda berhenti berlari menyeberangi oobleck, Anda akantenggelam. Itu juga menjelaskan mengapa orang tak bisa mengemudikan kendaraandi atasnya, karena roda tidak memberi tekanan pada daerah yang kecil.

Follow On Twitter